sejarah akuntansi

Seperti sama halnya dengan sejarah kemerdekaan Indonesia, Akuntansi pun juga memilki sejarah yang cukup panjang. Catatan paling kuno dari transaksi yang telah ditemukan adalah di masa 3600 SM di Babilonia, Mesir, dan Yunani Kuno. Catatan ini tertulis diatas batu daun, kulit kayu, dan lainya sebelum dikenal dengan benda yang bernama kertas. Pada abad XIV perhitungan laba dan rugi telah dilakukan pedagang-pedagang Genoa dengan cara menghitung harta yang ada pada akhir suatu pelayaran dan dibandingkan pada saat mereka berangkat.
Dimulai pada tahun 1494 pada saat Lucas Pacoli seorang pendeta dari Italia menerbitkan sebuah karyanya yang berbentuk buku ilmu pasti yang berjudul "summa de Arithmatica, proportioni et proportionlita". Dalam buku ini terdapat satu bab, berjudul "tractus de computis et scriptorio" yang berisi cara-cara pembukuan menurut catatan berpasangan (double book keeping).



Pada akir abad XV, sejalan dengan menurunnya pengaruh Romawi, pusat perdagangan bergeser ke Spanyol, Portugis, dan Belanda. Akibatnya sistem akuntansi yang telah dimbangkan romawi juga ikut berpindah dan digunakan di negara negara tersebut. Sejak saat itu perhitungan laba dan rugi mulai dibuat secara tahunan yang kemudian mendorong dikembangkannya penyusunan neraca secara rutin pada akhir jangka waku tertentu.
Pada abad XIX revolusi industri di Eropa mendorong berkembangnya akuntansi biaya dan konsep penyusutan untuk aktiva tetap. Pada tahun 1930, New York Stock Exhange dan American Institute of Certified Public Accountant membahas dan menetapkan prinsip prinsip akuntansi bagi perusahaan perusahaan yang sahamnya terdaftar di bursa saham.


sumber:
  1.  http://ilmuakuntansi.web.id/sejarah-akuntansi/jumat 4/ 17 (18.59)
  2. 2. http://rocketmanajemen.com/pengantar-akuntansi-1-part-1/ jumat 4/ 17 (18.59)


    No comments:

    Post a Comment

    DANA DARURAT (EMERGENCY FUND)

    Sebenarnya seberapa pentingkah sebuah dana darurat? well, menurut saya dana darurat sangat lah penting. Bagaimana jika terdapat expense yang...