DANA DARURAT (EMERGENCY FUND)

Sebenarnya seberapa pentingkah sebuah dana darurat? well, menurut saya dana darurat sangat lah penting. Bagaimana jika terdapat expense yang diluar rencana keuangan kalian? Atau bagaimana jika kalian kehilangan pekerjaan atau di PHK secara tiba tiba? untuk protect sebuah keadaan darurat seperti ini, kita bisa merencanakan sebuah dana darurat dari sebagian gaji kita yah anggap saja seperti asuransi. Membangun dana darurat adalah prioritas utama, even sebelum kalian ingin merencanakan goals financial kalian .

Membangun dana darurat sangatlah muda. Dibawah ini beberapa tips untuk membangun dana darurat:

1. Akan lebih mudah jika kalian meng auto debitkan keuangan kalian so kalian  tidak harus transfer uang setiap bulan atau setiap minggu. Atau bisa mengalternatifkan penyimpanan dana darurat ke emas, misal 50% ke emas atau 50% lainnya dalam bentuk cash. jangan terlalu banyak menyimpan cash di tangan karena bisa lapar mata nantinya.

2. Mengasumsikan dana darurat sebagai tagihan bulanan yang harus dibayarkan oleh diri kita.

3. jika kita sudah melunasi semua hutang kartu kredit atau pun cicilan lainnya, alihkan dana tersebut yang biasanya digunakan untuk membayar hutang  ke dana darurat. 

4. Jika kita mendapat kenaikan gaji, hindari lifestyle yang tinggi.

4. Hati hati dalam menafsirkan dana darurat agar kita tidak mudah memakai dana darurat dari hal yang sebenarnya tidak darurat sekali.

lalu berapa besar sih kita harus menyimpan dana darurat? 

Sebenarnya banyak cara dari para expert ketika kita ingin menyimpan dana darurat kita. Jika kita tidak menyimpan dana darurat dengan baik dan cukup maka nantinya kita akan kesulitan pada saat menghadapi keadaan darurat atau diluar perencanaan keuangan kita. Dan jika kita menyimpan dana darurat terlalu banyak juga , nantinya kita tidak bisa memaksimalkan uang kita yang berpotensial untuk tumbuh dari kegiatan investasi. Banyak expert setuju kita harus menyimpan antara 3 dan 6 bulan dari expense kita in case kita kehilangan our job. So gimana? apakah kalian masih ragu untuk menyimpan dana darurat? 

tulis di komentar yah bagaimana sih cara kalian menyimpan dana darurat...

No comments:

Post a Comment

DANA DARURAT (EMERGENCY FUND)

Sebenarnya seberapa pentingkah sebuah dana darurat? well, menurut saya dana darurat sangat lah penting. Bagaimana jika terdapat expense yang...