Prinsip POAC dalam Ilmu Manajemen

Secara umum prinsip POAC digunakan dalam ilmu manajemen. Ilmu poac sering diterapkan dalam suatu organisasi besar (perusahaan) atau organisasi kecil untuk mengembangkan dan mengelola organisasi nereka agar tidak keluar dari apa yang sudah direncakan. POAC sendiri merupakan singkatan dari Planning,Organizing, Actuating, Controlling.

1. Planning

Adalah proses perencanaan,perancangan, dan pembuatan strategi untuk mencapai tujuan dan mengembangkan rencana aktivitas kerja dalam  sebuah organisasi. Fungsi perencanaan nerupakan fungsi yang paling terpenting, tidak dibuatnya fungsi perencanaan maka fungsi fungsi yang lain tidak akan bisa berjalan.
Dalam perencanaan , terdapat beberapa faktor yang patut untuk dipertimbangkan diantaranya yaitu:

  • Specific : perencanaan harus jelas apa maksud dan tujuan beserta ruang lingkupnya.
  • Measurable : tingkat keberhasilan harus dapat diukur dari program kerja dan rencana yang telah dibuat
  • Achievable : sesuatu bisa tercapai dan diwujudkan bukan hanya sekedar fiktif dan khayalan belaka.
  • Realistic : sesuatu yang sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang ada, harus seimbang tetapi tetap ada tantangannya didalamnya.
  • Time : terdapat batas waktu yang jelas sehingga bisa dinialai dan bisa dievaluasi.

2. Organizing
Adalah proses kegiatan dalam menyusun struktur organisasi sesuai dengan tujuan tujuan, sumbr-sumber Dan lingkungannya. Hasil Dari pengorganisasian itu berupa struktur. Dalam suatu perusahaan, pengorganisasian biasanya disusun dalam bentuk badan organisasi atau struktur organisasi, setelah itu dipecah menjadi beberapa jabatan. Prinsip manajemen yang membagi setiap tugas dan tanggung jawab dalam sebuah perusahaan yang dibebankan Kepala semua anggota organisasi menurut kemampuan Dan skill masing-masing individu. Setiap tujuan sebuah organisasi pasti ingin dicapai, untuk meraih apa yang ingin dicapai maka diperlukanlah sebuah pengorganisasian.

3. Actuating
Pelaksanaan adalah suatu tindakan yang mengusahakan agar semua perencanaan Dan tujuan perusahaan bisa terwujud dengan baik Dan seperti yang diharapkan perusahaan tersebut. Jadi pelaksanaan merupakan suatu kegiatan atau upaya untuk menggerakan orang orang agar mau bekerja dengan sendirinya Dan dengan kesadaran yang besar untuk mencapai cita cita Dan impian perusahaan secara efektif. Perencanaan dan pengorganisasian akan kurang berjalan normal jika tidak disertai dengan pelaksanaan. Semua sumber daya manusia yang ada dalam poin ini harus bekerja sesuai dengan tugas yang dibebankan, fungsi dan peran dan kompetisi dari masing masing untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahan tersebut.

4. Controlling
Controlling dalam manajemen adalah tindakan individu atau kelompok dalam sebuah organisasi untuk membatasi tindakan tertentu sambil menghindari tindakan lainnya dalam upaya untuk mencapai tujuan organisasi.


Referensi:
1. WWW.belajarakuntansionline.com/ pengertian-controlling-dalam-manajemen/
2.https:/hakikatbisnis.blogspot.co.id/2015/06/pengertian-poac-dalam-ilmu-manajemen-lengkap.html?m=1

No comments:

Post a Comment

DANA DARURAT (EMERGENCY FUND)

Sebenarnya seberapa pentingkah sebuah dana darurat? well, menurut saya dana darurat sangat lah penting. Bagaimana jika terdapat expense yang...